Makam ini terletak di (tentu saja) kota Kudus. Beneran di tengah kota. Dekat sekali dengan pusat perdagangan, dan banyak sekolah pesantren di sekitarnya. Para peziarah juga membludak banyaknya. Padahal gue sampai disana sudah sore, sekitar jam 5. Tapi katanya ini emang makam sunan yang jarang sepi.

Tukang parkirnya sudah mahir mengatur kendaraan. Bagi pengendara motor juga ada parkiran sendiri, tapi bagi yang bawa mobil masih diarahkan parkir paralel di pinggir jalan. Jalanannya pun ruame banget. Menyebrang aja kesusahan. Pegadang kaki lima sama yang bertempat di ruko-ruko ini kayaknya udah paham, arus wisatawan di makam sunan Kudus.

Oh yang beda dengan ziarah gue sebelumnya di Cirebon, makam sunan Gunung Jati, adalah tidak adanya pemalakan sumbangan. Alhamdulillah!

Gue sempat masuk ke kawasan makam di dalam. Lepas sepatu dulu ya gaes. Walaupun ini komplek kuburan, dan beneran banyak banget kuburan, tapi gak ada serem-seremnya. Orang mengaji dan berdoa tidak putus. Juga tempatnya terang. Padahal gue masuk ke makam udah hampir maghrib.

Beberapa pria muda baca alquran di dekat nisan, dengan terpisah-pisah jarak. Gue pikir mereka lagi bacain doa buat leluhurnya. Rupanya sedang menghafal alquran. Katanya sih kalo ngafalin disitu jadi cepet nempel ke otak.

Di kawasan makam rame, di bagian gerbang dan taman juga rame, gimana di masjidnya? Rame juga. banyak wisatawan yang datang ramai-ramai membentuk jamaah sholat sendiri. Ini gue gak tau sih, dibolehin apa gimana aturannya. Masjidnya bagus, lantainya adem padahal orangnya bejibun. Definisi seadem lantai masjid tuh.

Sayang saking ramenya jadi susah buat foto-foto. Bukan sekali dua kali kita foto dengan banyak figuran hahaha. Bahkan pas mau foto di depan bangunan, eh tiba-tiba ada yang parkir motor di depan kita persis. XD yah geser lagi nyari posisi.

wp-15888085588183871042948861630626.jpg

Leave a Comment ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.