Setelah 10 tahun usia dewasa gue, gue baru tahu dan sedikit mengerti karakter kepribadian diri sendiri. Kalau pernah baca blogpost gue di masa lalu yang galau nan menggelikan, berarti gue belum ketemu informasinya aja. Atau mungkin lagi masa atau fase peralihan, atau pencarian jati diri. Toh setiap manusia tidak pernah ajeg. Kita semua bisa (banget) berubah seiring dengan lingkungan dan waktu.

Beberapa malam yang lalu, saat gue menganggur dan bingung mau ngapain, gue menemukan sebuah keyword yang membawa gue kepada website psikologi namanya.. lupa. (Update: https://my-personality-test.com/). Disitu gue menjawab banyak pertanyaan tentang kebiasaan dan sifat gue. Yaa kayak website-website psikologi apa-karakter-kamu gitu. Dan hasilnya gue adalah INTP. Introvert Intuitive Thinking Perceiving. Hmm!

Kemudian gue melanglang buana di dunia internet, mencari tahu detilnya si INTP ini. Terutama perihal pekerjaan. Ini gue copas sedikit dari https://psikologihore.com/tipe-kepribadian-intp-tipe-kepribadian-para-pemikir/

INTP dikenal dengan kepribadian mereka yang terus terang, mandiri, dan cerdas. Meski demikian, orang-orang juga menganggap tipe kepribadian INTP sebagai cuek dan kadang terlihat gak pedulian.

Terus terang, mandiri dan CERDAS. Dua sifat pertama gue setuju sih ahahaha. Tapi cerdas? apaan. Dari SD nilai matematika gue gak pernah sembilan di rapot. Nilai tujuh itu udah achievement, bro ‘n sist. (Ehem, sabar tam.. mungkin kamu cerdasnya di tempat lain..)

INTP lebih memilih diam dan menggunakan pola pikirnya sendiri. Iya, INTP nggak suka debat. Mereka sejatinya adalah independen. Kalau mau terima ya syukur, nggak juga nggak apa-apa. Ini juga INTP gunakan bila mereka berada dalam kelompok.

Emm.. ini bener sih. Gue gak suka kontroversi. Dan jauh lebih nyaman bekerja dalam kelompok kecil, jadi gak banyak suara-suara.

Orang dengan tipe kepribadian INTP nggak tertarik dengan aktivitas yang monoton, itu-itu aja.

Ehehehe.. apakah ini penyebabnya gue gak bertahan lama di satu pekerjaan.

Karena kelewat suka mikir dan merancang, makanya INTP lebih suka mengambil banyak waktu untuk berkutat informasi sebelum bener-bener memutuskan. Ini membuat INTP seringkali terlihat kayak menunda-nunda kerjaan.

TUH. Gue lagi mikir bukan lelet. (victory grin)

Emosi adalah sesuatu yang sulit diterka secara logis, makanya INTP kurang nyaman dengan emosi. Dan mereka bisa sangat tertekan bila mengambil keputusan berdasarkan aspek ini. INTP nggak pandai menerka dan memahami emosi orang lain. Ini membuat mereka sering disebut nggak sensitif.

Pernah dikomplen tentang urusan ini, sama teman perempuan. Yaa abis gimana dong.. tiap ngomongin urusan hati sama laki-laki, one to one, gue keringet dingin sambil deg-degan jantung mau copot. Takut salah ucap.

Karena kurang mampu menerjemahkan dan menangani emosinya sendiri, kalo INTP sudah stres, mereka bisa bersikap beda dari mereka yang biasanya. Mereka bisa jadi lebih pemarah, lebih ketus, dan suka mikirin pendapat orang.

Umm.. yes, correct. Kayaknya pernah posting curhatan pas emosi gue lagi gak stabil.

Mereka rela punya gaji yang nggak tetap, yang penting bebas. Walaupun gak suka kerja bareng orang lain, sebenernya INTP bisa mengeluarkan potensi terbaiknya kalo dipasangkan sama orang yang tepat.

Please, please, please, Ya Allah gue gak sabar buat bisa sukses sesuai potensi gue sendiri.

Ah masih banyak banget yang pengen dikutip tapi artikelnya panjang. Yang gak mengenakan dari artikel itu adalah.. kok banyak yang bener sih. Rasanya kayak dibuka semua hal yang selama ini disimpan di kepala. Ah terima kasih penulis, gue bisa baca sambil senyum-senyum. Merasa ada yang mampu mengerti diri gue sedalam-dalamnya.

Leave a Comment ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.