Mau Nikah – Bagian 2

Ada kelanjutannya gaesss..

Nikah itu mudah dan murah, suwer! Asalkan kamu cuma mau sah di KUA dan gak ada keinginan lain-lain. Mudahnya itu kamu cuma datang ke KUA, terus nikah di ruangan yang disediakan. Murah? Gratis woy!! Asal di kantor KUA dan di jam kerja.

Walopun gue kemarin hanya nikah sederhana aja, tapi ternyata ada aja keperluannya. Nyatanya menyenangkan semua pihak itu juga tak mudah, tapi bukan berarti tak mungkin. Kompromi yes.. Untuk segala hal yang kiranya bisa dikompromikan.

Sebelum nikah, biasanya diadakan pengajian bersama di lingkungan rumah. Dari acara ini pun, wahai calon pengantin, kamu sudah mesti menyiapkan budget konsumsi, dan fee buat ustadz/ustadzah. Jika mau, disertakan tambahan lainnya seperti souvenir. Kalau budget makeup dan dekorasi sudah gue coret dari awal karena gue gak perlu dan gak butuh.

Setelah pengajian, kemudian acara lamaran. Oh kebanyakan orang mengadakan lamaran dahulu baru pengajian pernikahan. Tapi acara nikah gue tak seperti mereka, jadi jangan heran hahahaha..

Oke kembali ke laptop. Dikarenakan persiapan pernikahan kami yang super kilat, gue dilamar tepat sebelum menikah. Iya, hari ini dilamar besoknya langsung nikah. Alasannya adalah supaya yang dari luar kota gak bolak balik. Jadi pada ngumpul semua pas acara ini. Seneng deh rumahnya jadi rame.

Pas lamaran apa aja yang disiapin? Paling utama ya konsumsi dan sound system. Kalau pakaian gak musti baju baru. Tapi buat calon pengantin minimal tampil yang rapih dan mempesona, ceilahh. Gue makeup sendiri nih buat pengajian dan lamaran. Soal seserahan bisa berbeda tiap pasangan, tapi gue kemarin belanja sendiri. Kecuali seserahan makanan yang semuanya dibawain oleh calon mertua. MC bisa sewa, bisa juga dari keluarga. Sambutan keluarga diwakili dari masing-masing pihak.

Nah yang ditunggu-tunggu, nikah musti nyiapin apa aja? Bisa sedikit, bisa banyak. Tapi menurut pengalaman gue dan teman-teman yang udah nikah duluan, nyiapin nikahan itu pusing. Hehehehe. Nih..

~ Konsumsi. Makanan berat, buah, minuman, dsb.

~ Tenda.

~ Kursi buat tamu.

~ Dekorasi.

~ MEJA BUAT AKAD NIKAH.

~ SOUND SYSTEM.

~ BAJU PENGANTIN.

~ MAKEUP.

~ Dokumentasi foto+video.

~ Meja wadah prasmanan.

~ Cincin kawin.

~ Mahar. Sekalian wadahnya jangan lupa biar enak dipajang.

~ Fee buat penghulu, atau sekalian antar jemputnya.

~ MC

~ Pembaca ayat suci alquran. Dan sari tilawahnya juga.

~ Souvenir, jika ada.

~ Eemmm.. Apalagi yaa

Dari semua acara yang disebutkan diatas, persiapan konsumsi lah yang menjadi prioritas. Orang pada ngumpul pasti ngincer makanan. Udah lah.. tak usah memalingkan fakta hahahaha..

Semoga membantu calon pengantin di luar sana yah 😀

Leave a Comment ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.