One of my bucket list, ticked! yeay.. #lightofpeace2019

Pagi hari di tanggal 18 Mei, dari terminal Jombor Yogyakarta naik bis Cemara Tunggal turun di candi Mendut, bayarnya 15ribu. Memang bis ini trayeknya terminal Jombor sampai Borobudur. Gue turun di depan Mendut persis, terus kaget kedinginan. Ternyata Magelang pagi-pagi masih berkabut ya bok. Di Mendut ini kita beli tiket untuk menghadiri kegiatan Waisak baik sebagai umat Budha maupun sebagai wisatawan. Untuk wisatawan loket dibuka jam 10:00, sementara menunggu muter-muter aja liat souvenir yang dijual sekitaran candi Mendut. Jangan lupa nawar ya. Biasa kan tempat wisata gitu suka naikin harga.

Donasi atau tiketnya seharga 100 ribu per orang, bukan per lampion. Oh bagi yang belum tahu, ngapain sih ikut-ikutan acara umat agama lain. Karena di akhir acara Waisak itu ada pelepasan lampion secara serentak yang keren banget, dan terbuka untuk umum. Setelah dapet tiket, terus gue ngacir ke penginapan buat tidur. Maklum bulan puasa, daripada cuma nelen ludah ngeliat bakul kupat tahu jualan di depan Mendut hahaha.

Menjelang maghrib kita siap-siap ke candi Borobudur. Kebetulan gue menginap di De Borobudur yang lokasinya seberang candi Mendut. Nyari ojek ternyata susah kalo udah sore begini. Jadi kena getok harga 25 ribu deh, aslinya paling 15 ribu hufft, sudah termasuk nungguin gue buka puasa dulu. Makan kupat tahu? Engga makan seadanya mie ayam dekat pertigaan candi Borobudur hahaha. Kata kang ojeknya kita masuk ke Borobudur lewat pintu 7. Sampai pintu gerbang gue bertanya ke panitia, katanya ikutin jalan aja. Eh ini gelap-gelapan jalan ke pintu masuk lokasi acara yang berada di pelataran candi atau namanya Taman Lumbini. Dan jeng jeng jeng.. Untuk pertama kalinya gue melihat candi Borobudur kala malam, majestik juga yah..

Pintu masuk ini berada di belakang panggung tempat para biksu duduk. Oiya, dianjurkan pakai baju putih. Beruntung acara ini diadakan di arena terbuka dan luas, karena buanyak bangett orang yang datang. Gue lihat ada tenda putih untuk masuk ke pusat acara, setelah panitia cek tiket, ternyata gue beli tiket yang sesi kedua jadi masuknya jam 22:00, yaudah muter-muter dulu. Sesi pertama untuk umat budha yang mengikuti sesi ibadah. Mereka pun melakukan pelepasan lampion lebih dahulu. Gue nonton dari samping acara, dan terkagum-kagum.

Mendekati jam 10 malam, tenda tiket masuk arena utama mulai dipadati pengunjung. Orang asing pun juga ada yang dateng. Gue dapat tempat duduk lumayan di belakang. Duduknya dimana? Diatas rumput. Tapi sudah tersedia sepotong plastik bening sebagai alas. Dipisahkan lilin-lilin yang memang dipasang oleh panitia. Agak basah sedikit karena embun dari rumput, tapi its okay. Para panitia dan para volunteer semuanya ramah, gesit dan informatif, jadi gak ada acara dorong-dorongan atau protes selama acara.

Kapan tepatnya pelepasan lampion itu? Tengah malam. Gak kaget kok karena rundown acara sudah di share di websitenya Walubi. Cuma ngantuk aja nungguinnya. Begitu MC bilang saatnya pembagian lampion, baru deh orang-orang pada semangat.

Satu lampion untuk empat orang. Pertama-tama lampion dibuka perlahan. Kemudian di periksa apakah ada kerusakan. Kalau ada yang bolong, langsung info ke panitia. Pelan-pelan bukanya, kertas putih ini tipis macam kertas layangan. Kemudian stiker doa yang sudah ditulis di tempelkan di lampion. Panitia membagikan stik sumbu untuk membakar parafin di bagian bawah lampion. Setelah parafin terbakar, untuk memadamkan api di stik tadi, tinggal cemplungin di vas tempat lilin. Pegang lampion mendekati tanah, ya kurang lebih tiga puluh centi diatas tanah. Tunggu sampai lampion menggembung dan sisinya terasa panas. Karena kalau gak sempurna, nanti terbangnya pendek dan bisa jatuh lagi. Kalau sudah pelan-pelan diangkat ke atas , terus terbangkan! Seru juga..

Selesai acara laper lagi hahaha. Keluar pintu 7 Borobudur lalu makan nasi goreng jawa. Rasanya manis, tapi karena minta pedes sedang, dikasih potongan rawit setan. Enak-enak aja sih di lidah gue. Selesai lah sudah rasa penasaran akan event ini. #lightofpeace2019

IMG_20190519_005200.jpg

Leave a Comment ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s