Itu Panu Yah? Bukan Ini Vitiligo

I’ve received a lot of questions like that..

Tapi gak apa.. Namanya gak tau, wajar nanya-nanya..

Iya ini namanya vitiligo. Iya, gue udah pernah cek ke dokter kulit. Kata dokternya ini sulit disembuhkan, dan dirujuk ke tempat prakteknya di Erha Clinic. Jujur dompetku tak mampu, jadi gak diterusin. Terus cari-cari info di internet, dan tahu bahwa vitiligo ini gak berbahaya tapi emang gak bisa sembuh. Dia akan menyebar secara perlahan.

Apa sih vitiligo? Berdasarkan pengetahuan awamku, ini penyakit kulit yang mematikan pigmen kulit. Perlindungan kulit jadi berkurang terhadap sinar matahari. Dan warnanya jadi lebih putih dari normalnya. Kayak panu hahaha. Oh gak cuma kulit, rambut-rambut yang kena efek vitiligo pun jadi warna putih. Pigmennya hilang juga.

Awalnya gue ngedumel dalem hati, kenapa musti di muka sih. Tapi lambat laun pasrah. Mau gimana lagi.. Lagian gue gak sendiri di dunia ini. Walaupun jarang ditemui, tapi ini umum di seluruh dunia.

Jadi jangan nanya lagi itu panu apa bukan yah.. šŸ˜€

Fyi, semenjak vitiligo jadi pake make up mata tiap keluar rumah. Karena alis sebagian rambutnya putih, jadi ditutupi pensil alis. Kulit kelopak mata putih sebelah, tutupi dengan eyeshadow. Yang paling mencolok, bulu mata di mata kiri gue udah putih semua warnanya hahaha, kudu pake mascara waterproof dah.

Leave a Comment ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s