Diantara kegagalan demi kegagalan dalam membuat bolkus alias bolu kukus, maka kemarin gue mencoba sekali lagi. Siapa tahu tangan ini sedang gak dikutuk bikin boltet alias bolu bantet. Abis dari berapa kali percobaan yang hasilnya bisa dimakan cuma satu kali. Boltet lainnya akhirnya digoreng karena sayang dibuang. Kali ini gue gak terlalu pede bikin from scratch. Jadi terpikirlah ide bagaimana meminimalisir resiko. Salah satu solusi yang digunakan adalaaahh.. (jeng..jeng..jengg) pakai yang instant. Hahahah..

Dibawah ini merupakan gambaran usaha gue dalam menghasilkan bolkus. Tapi setelah baca petunjuk di belakang kemasannya, adonan ini harus ditambahkan beberapa bahan. Yaitu 100 ml mentega cair, satu butir telur, dan air putih lima sendok makan. Yah kirain tinggal kocok terus kukus. Gak mau repot heheheh. Ya sudah diikuti saja.

img_20161003_085907.jpg

Eh ternyata ini adonan buat brownies bukan bolu. Nah lhoo.. salah beli dong eike. Hmm lanjuuut..

Pertama-tama bikin adonan kue. Sesuai petunjuk, tinggal cemplung-cemplung aduk-aduk. Dalam proses pembuatannya gue lupa memasukkan mentega cair. Akhirnya masukin menteganya setelah semua bahan tercampur. Menteganya masih panas pulak belum didinginkan. Walah salah maning.. Entar hasilnya bantet lagi apa gak. Kadung nekad lanjutin ajah. Aduk-aduk terus sampai tercampur rata. Karena pas awal disiram metega cair adonannya gak nyatu gitu. Apakah ini normal sodara-sodari? Atau ini kesalahan fatal?

Selanjutnya masukin adonan ke loyang lalu kukus dengan kondisi air di panci sudah panas. Tunggu 30 menit baru matikan api. Saat proses ini gue gatel pengen buka tutup panci. Penasaran bok. Kayak apa itu adonan sekarang. Apakah dia jadi bantet apa gak. Ini kok gue lebih banyak bahas kue bantet daripada yang berhasil..

30 menit berlalu ditandai dengan timer di henpon berbunyi. Jrengg.. moment of truth..

img_20161003_102636.jpg

Wah adonannya ngembang. Mungkin di bubuk instant sudah ada baking powdernya. Pas masih panas ngepul begini gue gak sabaran pengen nyomot. Akhirnya gue balik loyangnya supaya keluar keluar kuenya. Eh ternyata.. bagian tengahnya masih lembek alias matangnya gak rata.

img_20161003_104624.jpg

Uuugh gagal maning..

Advertisements

One thought on “Gagal Baking (Maning)

Leave a Comment ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s