Pulang kampung atau mudik itu yang gue tunggu-tunggu setelah selesai puasa Ramadhan. Walaupun rumahnya berada di pelosok desa bukan di kotanya, tapi tetap bikin kangen. Perjalanan dari Ciputat dapat ditempuh menaiki bis Sumber Alam (langganan orang tua gue dulu kalau gak bawa mobil). Ini adalah sebagian kegiatan yang dapat kamu lakukan jika terdampar di kota kecil macam Kutoarjo, kampung halaman almarhumah nyokap gue.

Camera 360
ini-yang-asli

1. Dawet Ireng Jembatan Butuh.

Buat yang suka manis, wajib dicari nih. Pelanggan yang datang banyak yang bermobil padahal tempatnya kecil, tapi halamannya luas jadi gak khawatir. Dawetnya berwarna hitam kecil-kecil, dengan gula jawa cair dan kuah santan gurih. Enaknya dimakan saat masih dingin.

dulu-nyokap-wajib-kesini

2. Es dan Soto Prapatan.

Warung makan favorite keluarga. Letaknya memang di dekat perempatan. Yang dipesan apalagi kalau bukan es dan sotonya.

sepupu-pemalu-mau-bergaya

3. Pantai Ketawang.

Kutoarjo punya pantai lho. Yah gak sebagus pantai lainnya yang masuk nominasi majalah-majalah travel gitu, tapi lumayan buat hiburan main air.

4. Alun-alun.

Waktu dulu kesini pas ada pameran batu akik. Karena lagi ngetrend, tempatnya ruamee sekali. Sebagian besar pengunjungnya adalah laki-laki. Kurang tau deh kalau pas gak ada event alun-alun ini sepi apa gak.

5. Sawah dan sawah

Apalah arti main ke kampung kalau gak main ke sawah. Hehehe. Daripada bayar mahal untuk sekolah alam, mending nyemplung langsung ke alamnya.

Sebenarnya masih banyak lagi yang dapat ditemui di Kutoarjo-Kebumen dan sekitarnya. Mungkin di lain post akan diceritakan.

Advertisements

Leave a Comment ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s