I’m not a runner, actually.. I’m a walker. 

Setiap orang punya olahraga kesukaan masing-masing. Kalau gue sukanya jalan, soalnya lari lebih capek, hehehe. Arena jogging pertama yang gue kenal adalah jalanan komplek tempat gue tinggal. Sebetulnya sih gak rutin olahraga karena dulu di sekolah ada pelajaran olahraga. Baru saat sudah bekerja, badan sering pegel-pegel akibat duduk di kantor seharian.

Satu manfaat yang gue cari saat jalan adalah menghilangkan stres. Lagi mikir mau olahraga dimana tiba-tiba teman kasih ide jogging di Taman Kota 1 BSD.

Yang gue suka dari tempat ini adalah rimbunan pohon, bikin sinar matahari gak menyengat di kulit. Ada juga spot yang terbuka jadi bisa berjemur, katanya sinar matahari hingga jam sembilan pagi itu bagus buat kesehatan. Track yang disediakan sepanjang satu kilometer. Tinggal dihitung kalau sanggup lari tiga putaran berarti sudah lari tiga kilometer. Track ini gak melulu jalan lurus lempeng gitu. Ada tanjakan, turunan, dan sedikit kelak-kelok. Jalanan berbatu juga ada.

Tempat ini juga ramah anak karena ada beberapa mainan, yang berfungsi melatih kekuatan dan kelincahan si anak. Gue pernah lihat orang dewasa juga pakai. Terus ada banyak tempat duduk, juga rerumputan di tengah taman yang lumayan luas sehingga bisa main badminton atau kumpul-kumpul sembari duduk di rumput. Beberapa komunitas anak muda sepeda fixie atau orang tua latihan tai chi berkumpul disini.

Setiap hari Minggu pagi ada senam aerobik, diadakan di lapangan persis setelah gerbang masuk, dan karena pesertanya bebas jadi membludak sampai ke track jogging.

Tapi lama-lama gue bosen olahraga disini. Pertama, tracknya pendek jadi yang dilihat itu-itu saja. Kedua, banyak yang mojok buat pacaran jadinya risih. Si Mas usul olahraganya di acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor, populernya disebut Car Free Day (disingkat CFD). Nah gue belum bosen pergi ke CFD sampai sekarang. Mungkin karena jarang-jarang, hahaha.

Track jogging CFD dimulai dari Bundaran Senayan sampai persimpangan Thamrin dan Medan Merdeka Barat, jadinya bakal banyak pemandangan baru. Dari event perusahaan, ketemu artis, berbagai komunitas, jajanan di sepanjang jalan, dan hewan peliharaan lucu yang dibawa pemiliknya.

image
adek-lelah-bang

Kita jogging di CFD melewati jalan raya, baik jalur cepat dan jalur lambat, walaupun banyak pohon besar tetap juga kena sinar matahari. Biasanya gue pakai jaket lengan panjang dan celana capri 7/8 agar meminimalisir kulit gosong hehehe. Sepatu keds dan kaos kaki biar kaki gak lecet. Handuk kecil buat ngelap keringat dan nutupin kepala biar ubun-ubun gak kepanasan.

Biasanya kita parkir motor di Kawasan Gelora Bung Karno Senayan. Terus tinggal jalan deh kuatnya sampai mana. Gue pernah jalan sampai Monas, terus lihat Agnes Monica lagi gladi resik. Atau sampai Taman Suropati yang gue suka suasananya. Pernah juga sampai museum Taman Prasasti yang ternyata bener-bener kayak kuburan. Cobain es krim Ragusa yang katanya terkenal.

Kondisi kaki gimana? Sakit, bro.. Tapi tetap gak kapok. ᕕ( ՞ ᗜ ՞ )ᕗ

Di CFD ini kalau gak ditertibkan, banyak banget pedagang di sepanjang jalan. Mereka bahkan bisa ambil satu jalur sendiri lho. Sebel sih lihatnya. Tapi lumayan bisa cuci mata lihat-lihat barang.

Ada lagi yang gak kalah nyebelin tapi lucu. CFD ini kan didatangi dari berbagai kalangan, dari yang gembrot kayak gue, sampai yang toned abis. Ada yang bodinya yahud pakai baju olahraga ketat menimbulkan imej seksi. Ada lagi yang mustinya pakai baju agak longgar biar lemaknya gak melambai-lambai. Nah, para pekerja yang bekerja waktu CFD berlangsung biasanya nongkrong di depan kantor buat lihat yang cakep-cakep. Sambil nyeruput kopi item sama rokok di tangan. Tau aje lu bang ada yang seksi lewat.

Coba ini dibaca:

http://health.kompas.com/read/2016/01/04/095700623/10.Manfaat.Sehat.Berjalan.bagi.Tubuh

Advertisements

Leave a Comment ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s