Lupa sih kapan tepatnya ke kota ini. Gue sempat dua kali kesana. Eh tiga kali. Pertama bareng teman kantor, yang kedua bareng si Mas dan Atok. Karena rumah si Mas dekat kota Semarang, kita sempet-sempetin main kesana. Tapi yang terakhir acara duka, jadi gak dihitung wisata.

Semarang kotanya yaa panas. Sebagai salah satu kota besar di Jawa Tengah, boleh banget dikunjungi. Gue sih belum menjelajah seluruh tempat disana. Foto-foto juga jarang. Tapi kepingin cerita tentang Semarang. Gimana nih.. Gak apa-apa lah yaa.. boleh kan.. boleh dong.. *maksa* Ini adalah daftar tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi saat ke kota Semarang:

1. Lawang Sewu.

Salah satu tempat paling hiits di kota Semarang. Belum afdol kayaknya jika belum masuk lawang sewu. Tempatnya luas, tengah kota pula, bisa banget foto-foto disini. Katanya sih angker cuma dulu pas masuk kesini gue positive thinking aja. Alhamdulillah gak diganggu. Waktu gue kesana itu sebelum di renovasi. Mungkin sekarang sudah jauh lebih bagus.

2. Kota lama.

Muter-muter disini bisa naik mobil atau jalan kaki. Suasananya kayak tempo dulu. Jalanannya bukan dari aspal melainkan konblok. Dulu gue diputer-puterin sama teman yang tinggal di Semarang.

3. Klenteng Sam Poo Kong.

Harga tiket masuknya lupa berapa. Tapi tempat ini foto-able kok. Cuacanya cerah (baca: panas terik) gak perlu  gear lighting lagi. Bisa sewa baju tradional tiongkok.

20150722_141220

4. Gereja Blenduk.

Suka buat venue foto prewedding nih. Waktu itu gue kesana gak boleh masuk jadi cuma foto-foto dan lihat-lihat dari luar saja. Depannya ada taman hijau gitu bisa buat duduk-duduk ngadem.

5. Alun-alun Kota Semarang.

Kalau udah capek muter-muter tapi masih pengen menikmati suasana kota Semarang, coba bersantai di alun-alun kota waktu malam hari. Kenapa malam? Kalau siang kan panas. Rame pengunjung dan pedagang lho tempat ini. Kalau cuek seperti gue dan travelmate saat itu, kami tidur-tiduran di rumput menikmati langit malam, didampingi kerlap-kerlip lampu kendaraan dan bisingnya kota. Jangan tanya itu rumput ada bekas apa aja.

6. Masjid Agung.

Biar hati tenang jangan lupa beribadah. Mampir nih di masjid bersejarah. Biar cuacanya puanass diluar, gak mungkin kan melewati sholat.

7. Goa Kreo.

Yang suka sama wisata alam, kesini deh. Soalnya selain menikmati alam juga ada bendungan gede Jatibarang yang bikin udaranya semilir pingin bobok. Apalagi kalau sudah sore, makin bikin ngantuk. Jalanan menuju tempat ini menanjak terus. Disana ada banyak monyet minta makan kepada pengunjung. Maksudnya monyet beneran bukan yang mirip monyet minta makan. Maaf gue gak foto goanya, hanya pemandangannya.

20150722_165420

8. Makam Sunan Kalijaga.

Ehem, udah dua kali ini gue wisata religi. Ciyee tami ciyee. Suasananya yaa ramai. Orang-orang memanjatkan doa bagi leluhur. Karena ini dilakukan sebelum yang di Cirebon, pas masuk gue bingung. Kok banyak kuburan. Yaa ampun gue lupa. Ini kan ziarah ke makam sunan, yaa terang aja samping kiri kanannya banyak kuburan.

9. Toko oleh-oleh Juwana.

Biasanya yang paling dicari ikan bandeng presto. Gue sendiri suka banget, termasuk sambalnya yang cenderung manis. Juga menjual bermacam kue-kue buat cemilan atau dibawa balik ke Jakarta. Dan jangan lupa cobain lunpia khas Semarang. Gak harus di toko ini belinya, banyak kok tersedia di tempat lain. Kebetulan aja gue makannya disini. Lunpia basah atau goreng sama-sama enak.

10. Toko roti Virgin.

Tempatnya sih agak jauh, tapi harganya muraahh. Rotinya juga enak. Karena tokonya gak terlalu besar dan lumayan rame, pernah roti-roti yang udah gue ambil dan taruh di nampan, kesenggol tante-tante. Mana gak minta maaf, kan gondok mungutin satu-satu.

Sekian teman-teman, cerita gue jalan-jalan di kota Semarang. Kalau kurang asik tolong dimaafkan. Tapi kalau mau ditambahkan, gue mah seneng hehehehe..

Advertisements

One thought on “Cerita Jalan-Jalan ke Semarang

Leave a Comment ~~

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s